Selasa, 04 November 2014

Olahraga Malam, boleh atau tidak?
Faizal Anggriawan
fafanggriawan@gmail.com
Abstrak
Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari olahraga. Mulai dari untuk menjaga kesehatan tubuh kita, kebugaran tubuh, mengisi waktu luang yang positif dan untuk mengurangi tekanan pikiran atau hiburan. Olahraga dan kesibukan mungkin adalah dua hal yang saling bertentangan. Masyarakat yang tinggal di perkotaan memiliki waktu yang  terbatas untuk melakukan olahraga. Kesibukan pekerjaan dan kemacetan di jalan membuat waktu yang tersedia untuk berolahraga hanya tersedia di malam hari dan akhir pekan. Jadilah sebagian dari mereka memilih berolahraga saat matahari terbenam. Olahraga pada malam hari memiliki perbedaan efek pada tubuh kita dibandingkan dengan olahraga pada saat yang lain, ada hal-hal yang perlu diperhatikan jika kita melakukan olahraga pada saat malam hari.
 



Olahraga saat ini merupakan salah satu kebutuhan yang keberadaanya mulai dirasakan perlu oleh banyak orang. Pola hidup masyarakat dewasa ini yang lebih banyak menghabiskan waktu di ruang ber AC dalam aktifitas kesehariannya secara langsung maupun tidak akan berdampak pada kesehatan orang tersebut dalam jangka waktu tertentu.
Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari olahraga. Mulai dari untuk menjaga kesehatan tubuh kita, kebugaran tubuh, mengisi waktu luang yang positif dan untuk mengurangi tekanan pikiran atau hiburan.
Olahraga dan kesibukan mungkin adalah dua hal yang saling bertentangan. Masyarakat yang tinggal di perkotaan memiliki waktu yang  terbatas untuk melakukan olahraga. Kesibukan pekerjaan dan kemacetan di jalan membuat waktu yang tersedia untuk berolahraga hanya tersedia di malam hari dan akhir pekan. Jadilah sebagian dari mereka memilih berolahraga saat matahari terbenam. Lalu apakah olahraga di malam hari baik untuk kesehatan atau malah membuat tubuh rentan terserang penyakit? Berikut beberapa bahaya olahraga yang dilakukan di malam hari :
·         Kandungan udara di malam hari cenderung lembab dan kadar oksigen yang tidak sebanyak di siang hari. Hal ini tentu dapat mengganggu kesehatan kita. Terutama pada organ pernapasan kita.
·         Rentan terjadinya cidera . Suasana yang cenderung gelap meningkatkan resiko cidera tubuh.
·         Tubuh mudah lelah. Kepadatan aktivitas kita di siang hari tentu menguras banyak tenaga. Nah jika di malam harinya kita melakukan kegiatan olahraga tentu keadaan tubuh kita telah lelah. Hal ini dapat mengurangi daya tahan tubuh dan meningkatkan resiko sakit.
·         Suhu lingkungan yang dingin di malam hari tentu tidak baik bagi kesehatan kita. Suhu tersebut tidak sesuai dengan suhu tubuh kita yang panas ketika berolahraga. 
·         Bagi orang tertentu olahraga malam dapat menyebabkan gangguan tidur di malam hari.
Slamet Sukriadi, instruktur olahraga Special Olympic mengatakan kapan pun olahraga dilakukan, faktor  kesehatan tetap harus diperhatikan. Salah satu caranya adalah dengan mengecek tekanan darah. Bilamana denyut nadi sudah berpacu cepat, Anda diminta untuk menghentikan aktivitas olahraga yang dilakukan. Atau cukup dengan istirahat sejenak, sebelum melanjutkan kembali aktivitasnya. Dia mengatakan, hal  itu wajib dilakukan, baik olahraga di pagi hari maupun di malam hari. Menurutnya, olahraga baik dilakukan di pagi hari. Pasalnya tubuh akan lebih siap karena sudah beristirahat di malam hari.
Perihal olahraga di malam hari, Ignatius Indro tidak menemui masalah. Dia kerap melakukan futsal dua kali dalam seminggu dan bersepeda di akhir pekan. Catatannya adalah, itu semua dia lakukan pada malam hari. Ignatius mengatakan justru dia lebih menikmati aktivitasnya itu di malam hari. Selain sudah menjadi kebiasaan, aktivitas di malam hari ini justru membuat dia “fresh” setelah penat seharian bekerja. Karena itu, tidak ada masalah baginya untuk terus berolahraga di malam hari.
Sementara itu dokter spesialis penyakit dalam, Mangatas Manalu mengatakan tubuh mempunyai jam biologis sendiri-sendiri. Dan mungkin, tubuh biologis tiap individu, berbeda dengan individu lainnya. Kata dia, jam biologis ini berkaitan dengan kebiasaan untuk melakukan aktivitas, termasuk berolahraga di malam hari. Semakin sering, maka orang yang bersangkutan akan semakin terbiasa. 
Dia mencontohkan pada jam istirahat, tubuh memperbaiki dan mengistirahatkan sel-sel dan hormon pendukung. Maka bagi mereka yang tidak terbiasa olahraga di malam hari, akan terganggu keseimbangan hormonnya. Meski begitu kata dia, bisa saja siapa pun untuk berolaharaga di malam hari. Syaratnya adalah dengan memberikan jeda 4-6 jam sebelum tidur malam. Kata dia jeda itu penting bagi  tubuh untuk bisa menetralkan suhu dan mengistirahatkan sejenak otot-otot yang menegang akibat olahraga.

Mengalami Serangan Jantung Akibat Berolahraga Malam?
Dokter spesialis penyakit dalam Mangatas Manalu mengakui ada perubahan hormon yang berpengaruh pada kerja jantung, bagi mereka yang sering berolahraga malam. Bisa disederhanakan, jantung merasa “kaget” karena harus dipaksa bekerja, meski seharusnya sudah berisitirahat. Maka tidak heran ada kasus kematian akibat serangan jantung saat sedang olahraga malam. Sebut saja misalnya presenter Ricky Johanes dan anggota DPR Adji Masaid. Meski begitu hal itu bisa dihindari jika bisa memperhatikan faktor resiko seperti umur, faktor kesehatan; yaitu bagi mereka yang bermasalah dengan jantung, diabetes dan sebagainya. Selain memperhatikan faktor resiko, cara lain untuk bisa menghindari serangan jantung adalah dengan melakukan pemanasan. “Tubuh akan merasa siap dan tidak kaget karena sudah pemanasan,” jelasnya.
Pentingnya pemanasan juga diutarakan instruktur olahraga Special Olympic, Slamet Sukriadi. Dia mengingatkan untuk tetap melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga. Kata dia, peregangan otot perlu agar tidak terjadi kram pada otot di seluruh tubuh. Catatan lainnya adalah dengan tidak melupakan istirahat yang cukup dan tidak kekurangan cairan saat berolahraga. Sementara bagi mereka yang sudah berumur 40an ke atas, olahraga yang dianjurkan adalah dengan berlari santai atau hanya cukup berjalan saja

Aturan Main Jika Berolahraga di Malam Hari
Idealnya orang melakukan olahraga di pagi hari sekitar pukul 07.00 – 08.00. Apabila seseorang memiliki asma maka sebaiknya melakukan olahraga pada pukul 10.00. Pada waktu tersebut sangat baik karena matahari mengandung vitamin D yang baik untuk penderita Asma dan udara tidak lembab. Bagi orang yang sibuk dan susah menyempatkan diri olahraga di pagi hari bolehkah melakukannya di malam hari?
Melakukan olahraga di malam hari diperbolehkan namun harus tahu aturan mainnya. Keuntungan olahraga di malam hari bukan pada tingkat dehidrasi seseorang. Menurut dr Tanya RM Rotikan, SpKO seorang dokter spesialis olahraga dan Drs Sumardiyanto, M.Pd pengajar di Universitas Pendidikan Indonesia, olahraga pada malam hari perlu memperhatikan jarak waktu antara aktivitas fisik, makan malam dan jam tidur.
Olahraga bisa mengganggu pencernaan jika setelah itu Anda makan makanan berat. Selain itu olahraga harus dilakukan sekitar dua jam menjelang waktu tidur. Hormon tubuh seperti endorphin akan meningkat jika tidur langsung setelah olahraga. Anda perlu menurunkan hormon  tersebut terlebih dahulu selama dua jam sebelum tidur.
Beberapa tren pekerja atau professional mereka berolahraga di malam hari seperti bermain futsan atau fitness. Mereka akan makan malam pada sore hari dan berolahraga di malam hari. Jarak antara kedua waktu tersebut harus diperhatikan jika tidak ingin lambung Anda terganggu.
Usai berolahraga sebaiknya hindari makanan berat. Cara paling sehat adalah mengkonsumsi buah-buahan. Makanan berat setelah olahraga justru memicu penumpukan lemak di tubuh. Hal ini perlu dilakukan secara konstan dan berkelanjutan.


Sumber Referensi
[3] http://www.tipscaraterbaik.com/bolehkah-olahraga-di-malam-hari.html, diakses pada 15 Juni 2014 pukul 20.38 WIB
[4] http://www.portalkbr.com/berita/perbincangan/2639250_4215.html, diakses pada 15 Juni 2014 pukul 20.38 WIB
[7] http://planetsports.blogdetik.com/berbahayakah-olahraga-di-malam-hari/, diakses pada 16 Juni 2014 pukul 14.22 WIB
[8] https://www.facebook.com/TipsBebasAsamUrat/posts/1436991823180616, diakses pada 16 Juni 2014 pukul 14.28
[10] http://www.livestrong.com/article/292507-is-it-bad-to-work-out-at-night/, diakses pada 16 Jnui 2014 pukul 21.30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar